“Strategi Pengembangan Muatan Life Skills Pada
Pembelajaran”
a.
Strategi
Renung-Latih-Telaah (RLT)
Strategi RLT yang berarti
perenungan, pelatihan atau pembiasaan dan penelaahan dikemukakan oleh Marwah
Daud Ibrahim. Menurutnya pendidikan yang berorientasi life skills perlu
dilaksanakan dengan strategi perenungan hakikat dalam makna hidup/diri,
pelatihan/pembiasaan tentang bagaimana mengelola (manajemen) hidup, dan
penelaahan kisah sukses tokoh-tokoh sukses.
b.
Strategi
Learner Centered
Strategi ini
dikembangkan oleh Direktorat Kepemudaan dengan mengadopsi strategi pendidikan
masyarakat, yang bercirikan bahwa pendidikan life skills diselenggarakan dengan
prinsip:
1) Pengembangan
kecakapan berdasarkan minat dan kebutuhan individu dan/atau kelompok sasaran.
2) Pengembangan
kecakapan terkait dengan karakteristik potensi wilayah setempat (sumber daya
alam dan potensi budaya sosial budaya).
3)
Pengembangan
kecakapan dilakukan secara nyata sebagai dasar sektor usaha kecil atau industri
rumah tangga.
4)
Pengembangan
kecakapan berdasar pada peningkatan kompetensi keterampilan peserta didik untuk
berusaha dan bekerja sehingga tidak terlalu teoritik namun lebih bersifat
aplikatif operasional.
c.
Strategi
Kurikulum Berbasis Kompetensi
Setiap manusia
hidup memiliki kompetensi-kompetensi tertentu sesuai perkembangan usia, status
sosial, dan pekerjaannya. Berdasar kompetensi-kompetensi inilah suatu kurikulum
pembelajaran (pendidikan) dirancang sehingga ditemukan formulasi
materi/pelajaran apa yang perlu dimiliki/dikuasai peserta didik dalam
mencakapkan dirinya untuk melaksanakan kompetensinya.
d.
Strategi
Penguatan Pendidikan Ekstrakurikuler
Pendidikan ekstrakurikuler merupakan kegiatan belajar
yang dilakukan diluar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan disekolah atau
luar sekolah untuk memperlebih wawasan atau kemampuan, peningkatan dan
penerapan nilai pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai
mata pelajaran. Tujuannya Meningkatkan dan memantapkan pengetahuan
siswa Mengembangkan bakat, minat, kemampuan, dan
keterampilan dalam upaya pembinaan
pribadi, dan Mengenali hubungan antar pelajaran dalam kehidupan di
masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih sudah berkunjung , diharapkan untuk meluangkan pendapat anda ....!!