BERBAGI

BERBAGI
"WELCOME"

Kamis, 29 Maret 2012

strategi pengembangan muatan life skills pada pembelajaran

“Strategi Pengembangan Muatan Life Skills Pada Pembelajaran”
a.    Strategi Renung-Latih-Telaah (RLT)
Strategi RLT yang berarti perenungan, pelatihan atau pembiasaan dan penelaahan dikemukakan oleh Marwah Daud Ibrahim. Menurutnya pendidikan yang berorientasi life skills perlu dilaksanakan dengan strategi perenungan hakikat dalam makna hidup/diri, pelatihan/pembiasaan tentang bagaimana mengelola (manajemen) hidup, dan penelaahan kisah sukses tokoh-tokoh sukses.
 
b.    Strategi Learner Centered
Strategi ini dikembangkan oleh Direktorat Kepemudaan dengan mengadopsi strategi pendidikan
masyarakat, yang bercirikan bahwa pendidikan life skills diselenggarakan dengan prinsip:  
1)  Pengembangan kecakapan berdasarkan minat dan kebutuhan individu dan/atau kelompok sasaran.
2)       Pengembangan kecakapan terkait dengan karakteristik potensi wilayah setempat (sumber daya alam dan potensi budaya sosial budaya).
3)        Pengembangan kecakapan dilakukan secara nyata sebagai dasar sektor usaha kecil atau industri rumah tangga.
4)        Pengembangan kecakapan berdasar pada peningkatan kompetensi keterampilan peserta didik untuk berusaha dan bekerja sehingga tidak terlalu teoritik namun lebih bersifat aplikatif operasional.
c.    Strategi Kurikulum Berbasis Kompetensi
Setiap manusia hidup memiliki kompetensi-kompetensi tertentu sesuai perkembangan usia, status sosial, dan pekerjaannya. Berdasar kompetensi-kompetensi inilah suatu kurikulum pembelajaran (pendidikan) dirancang sehingga ditemukan formulasi materi/pelajaran apa yang perlu dimiliki/dikuasai peserta didik dalam mencakapkan dirinya untuk melaksanakan kompetensinya.
d.   Strategi Penguatan Pendidikan Ekstrakurikuler
Pendidikan ekstrakurikuler merupakan kegiatan belajar yang dilakukan diluar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan disekolah atau luar sekolah untuk memperlebih wawasan atau kemampuan, peningkatan dan penerapan nilai pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran. Tujuannya Meningkatkan dan memantapkan pengetahuan siswa Mengembangkan bakat, minat, kemampuan, dan keterampilan dalam  upaya pembinaan pribadi, dan Mengenali hubungan antar pelajaran dalam kehidupan di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung , diharapkan untuk meluangkan pendapat anda ....!!